Jumat, 01 Desember 2017

Pertumbuhan ekonomi di Papua triwulan II alami peningkatan

Pertumbuhan ekonomi di Papua triwulan II alami peningkatan



ini linknyaPertumbuhan ekonomi di Papua triwulan II alami peningkatan

Pertumbuhan ekonomi Provinsi Papua triwulan II tahun 2017 tercatat mengalami peningkatan lebih tinggi dibandingkan triwulan sebelumnya. 
Tercatat kinerja perekonomian Provinsi Papua mencapai 4,91 persen pada triwulan laporan, lebih tinggi dibandingkan kinerja triwulan sebelumnya yang sebesar 3,36 persen.
Kepala Tim Advisory Ekonomi dan Keuangan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua, Fauzan mengatakan, realisasi pertumbuhan ekonomi Papua tersebut lebih rendah apabila dibandingkan dengan pertumbuhan ekonomi nasional yang mencapai 5,01 pada triwulan II 2017.
“Pertumbuhan ekonomi pada triwulan laporan dipengaruhi oleh kinerja lapangan usaha pertambangan dan penggalian yang tumbuh signifikan dari 0,38 persen pada triwulan I 2017 menjadi 6,75 persen,”kata Fauzan usai melaksanakan kegiatan Desiminasi Kajian Ekonomi dan Keungan Regional Provinsi Papua di Wamena, Kamis (28/9), seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Aman Hasibuan.
Menurutnya, kondisi tersebut sejalan dengan meningkatknya penjualan konsentrat tembaga hasil tambang. Di sisi lain, lapangan usaha konstruksi mengalami penurunan dari 9,42 persen pada triwulan I 2017 menjadi 3,84 persen pada triwulan laporan yang salah satunya disebebakan oleh rendahnya realisasi belanja APBD Provinsi Papua.
Untuk triwulan III 2017, kata Fauzan, pertumbuhan ekonomi diperkirakan berada pada kisaran 2,9 persen hingga 3,3 persen, lebih rendah dari triwulan II 2017 yang terutama dipengaruhi oleh base effect, dimana pertumbuha pada periodde yang sama tahun lalu, cukup tinggi 20,4 persen.
“Melemahnya kinerja ekspor luar negeri menjadi salah satu faktor penyebab rendahnya pertumbuhan seiring permasalahan ketenagakerjaan dan operasional produksi lapangan usaha pertambangan,”ungkapnya.
Ia berharap pertumbuhan ekonomi Provinsi Papua setiap tahunya mengalami peningkatan, sehingga berdampak pada kesejahteraan masyarakat di semua wilayah Papua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pertumbuhan ekonomi di Papua triwulan II alami peningkatan

Pertumbuhan ekonomi di Papua triwulan II alami peningkatan ini linknya Pertumbuhan ekonomi di Papua triwulan II alami peningkatan Per...